Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Eror, Tidak Perlu ke Tempat Servis

Berhadapan dengan keyboard laptop yang eror pasti akan merepotkan bagi para pemilik laptop. Namun, ada cara memperbaiki keyboard laptop yang eror tanpa perlu para pemilik laptop membawa keyboard ke tempat servis dan mengeluarkan biaya yang besar.

Mengapa tidak perlu langsung dibawa ke tempat servis? Karena eror mungkin masih ada pada bagian perangkat lunak dan sistem keyboard. Jadi, ada kemungkinan penyettingan sederhana bisa mengembalikan kondisi laptop. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Melakukan Update Driver pada Keyboard

Penyebab yang paling umum laptop keyboard error adalah software dan driver keyboard yang sudah usang. Hal ini membuat software tidak bisa mengakomodasi keyboard dan sudah tidak kompatibel lagi. Karena itu, perlu dilakukan proses update pada keyboard.

Untuk melakukan update pada driver, para pemilik tidak perlu membawa keyboard ke tempat servis. Para pemilik laptop cukup melakukan langkah di bawah ini saja:

  • Buka menu ‘Control Panel’ pada tampilan utama laptop.
  • Kemudian, pada opsi ‘Control Panel’ masuk ke dalam ‘Hardware and Sound’.
  • Lanjutkan masuk ke dalam ‘Device Manager’.
  • Dalam menu ini, para pemilik laptop akan melihat berbagai hardware yang tersambung pada laptop.
  • Scroll ke bawah sampai menemukan opsi Hardware ‘Keyboard’
  • Jika di sebelah opsi ada notifikasi ‘Update Driver’ klik opsi tersebut.
  • Tunggu sampai proses update driver selesai.

Untuk melakukan pengupdatean driver ini disarankan untuk para pemilik laptop menyambungkan laptopnya dengan WiFi. Karena pada beberapa sistem operasi, driver membutuhkan jaringan internet yang kuat untuk memperlancar proses update yang dilakukan.

Baca Juga : Panduan Cara Memasang Iklan Di tengah Artikel Blog

2. Lakukan Troubleshoot pada Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop yang eror selanjutnya adalah dengan memeriksa bagian troubleshoot keyboard. Cara ini merupakan langkah yang tepat, apalagi jika para pemilik laptop belum mengetahui penyebab pasti mengapa keyboard menjadi error.

Dengan melakukan scanning trouble terlebih dahulu pada laptop, para pemilik laptop bisa langsung mengidentifikasi gangguan dan memperbaikinya. Berikut adalah cara yang perlu dilakukan untuk menjalankan troubleshoot:

  • Buka menu ‘Settings’ pada tampilan utama laptop.
  • Kemudian, masuk ke dalam sub menu ‘Update And Security’.
  • Klik opsi ‘Troubleshoot’ kemudian pilih secara spesifik hardware ‘Keyboard’ untuk menjalankan proses pindai.
  • Untuk memulai proses pindai pilih ‘Run the Troubleshooter’.
  • Para pengguna tinggal menunggu proses pindai selesai, kemudian ikuti langkah yang ditunjukkan laptop untuk mengatasi penyebab keyboard yang error.

Proses troubleshoot tidak selalu bisa menyelesaikan eror pada laptop dengan sekali proses. Karena itu, ada baiknya untuk para pemilik laptop mengulang proses ini beberapa kali sambil memastikan keyboard sudah berfungsi lagi dengan baik.

3. Hapus dan Install Kembali Driver Keyboard

Cara terakhir yang bisa dilakukan oleh para pemilik laptop adalah dengan melakukan penginstallan ulang pada driver keyboard. Dengan melakukan penginstallan ulang, maka bug dan gangguan dari install sebelumnya akan otomatis menghilang. Berikut adalah cara untuk melakukannya.

  • Masuk ke dalam menu ‘Control Panel’ pada laptop.
  • Kemudian, masuk ke bagian ‘Hardware and Sound’ lanjutkan dengan masuk ke bagian ‘Device Manager’.
  • Pilih pada bagian ‘Keyboard’ dan tekan tombol ‘Delete’.
  • Lakukan restart terlebih dahulu, kemudian masuk kembali ke menu ‘Keyboard’ pada ‘Device Manager’ untuk melakukan penginstallan ulang.

Proses install ulang driver keyboard mungkin saja membutuhkan waktu yang lama. Karena itu, para pengguna harus memastikan laptop dalam kondisi baterai penuh dan tidak terlalu panas ketika digunakan. 

Itulah berbagai cara memperbaiki keyboard laptop yang eror. Para pemilik laptop tidak perlu panik dan tidak perlu langsung membawa keyboard ke tempat servis. Karena mungkin, eror pada keyboard bisa diatasi sendiri. Para pengguna bisa mendapatkan informasi lebih lengkap di situs Majalah Ponsel.